Selasa, 30 Agustus 2011

10 Cara untuk Mengamankan Komputer

Keamanan komputer dan data tak bisa dipungkiri lagi merupakan hal yang sangat penting buat agan dan aganwati untuk mendapatkan keberhasilan didalam suatu perusahaan. Data hilang pasti lansung  membuat bingung, apa lagi jika data tersebut dicuri dan dapat mengungkap informasi rahasia agan dan aganwati atau informasi perusahaan.


Semakin banyak yang dilakukan untuk menjaga komputer agan dan aganwati agar aman maka informasi tersebut akan lebih aman.
Oke deh lagnsung aja yuk gan ..

Gunakan 10 tips ini untuk dapat melindungi komputer agan dan aganwati, serta data dan jaringan perusahaan.



1. Bekerja sama dengan Technisi komputer/TI departemen agan dan aganwati

Pastikan bahwa agan dan aganwati Anda menginstal semua patch dan pembaruan yang direkomendasikan di komputer pribadi atau Perusahaan oleh seorang tenaga ahli atau tenaga TI perusahaan. Selain menginstal pembaruan Windows dan Office, departemen TI mungkin mengharuskan agan dan aganwati untuk menginstal perangkat lunak keamanan tambahan, seperti firewall atau perangkat lunak kustom untuk membantu terhubung dari lokasi terpencil. Pembuatan instalasi ini akan menjaga komputer dan jaringan perusahaan agan dan aganwati seaman mungkin.


2. Gunakan password yang kuat

Sandi memberikan garis pertahanan yang pertama terhadap akses yang tidak sah ke komputer agan dan aganwati dan password yang baik sering diremehkan. Password yang lemah memberikan kesempatan bagi penyerang dengan akses yang mudah ke komputer dan jaringan agan dan aganwati. password kuat yang sangat sulit untuk di buka, bahkan dengan software pembuka Pasword terbaru.

Sandi yang kuat :
  •  Minimal delapan karakter.
  •  Tidak mengandung nama pengguna agan dan aganwati, nama asli, atau nama perusahaan.
  •  Tidak mengandung kata kamus lengkap.
  •  Secara signifikan berbeda dari password sebelumnya. Sandi yang perubahannya hanya sedikit-seperti Password1, Password2, Password3 tidak kuat.

Mengandung karakter dari masing-masing kelompok berikut :
  • Huruf besar dan / atau huruf kecil
  • Bilangan
  • Simbol (!,@,#,$,%, dll)


3. Jangan mengaktifkan opsi Save Password

Buatlah wajib bagi agan dan aganwati atau orang lain mencoba untuk mengakses computer untuk memasukkan sandi agan dan aganwati pada semua sistem operasi atau aplikasi pengaturan. Jika kotak dialog akan meminta agan dan aganwati untuk mengingat password, pilih untuk tidak menyimpan mengingat pasword agan dan aganwati. Membiarkan password disimpan sama halnya dengan meniadakan password sama sekali.


4. Gunakan Share file jaringan bukan share file lokal

Dari pada membuka komputer agan dan aganwati untuk rekan kerja, lebih baik menggunakan jaringan file share untuk berkolaborasi pada dokumen. Dan membatasi akses ke jaringan berbagi file untuk mereka yang membutuhkannya. Jika agan dan aganwati bekerja dalam tim, agan dan aganwati memiliki banyak pilihan-lain seperti menggunakan Microsoft Office Groove 2007 atau Microsoft Office SharePoint 2007.


5. Mengunci komputer ketika meninggalkan meja kerja

Jika akan pergi meninggalkan komputer untuk sementara waktu, pastikan komputer agan dan aganwati terkunci. Untuk mengunci komputer dapat melakukan cara :
  • Pada keyboard, tekan CTRL + ALT + DELETE pada saat yang sama.
  • Klik  lock komputer ini (Lock Computer jika Anda menjalankan Windows XP).
  • Untuk membuka komputer, tekan CTRL + ALT + DELETE, kemudian masukkan sandi yang telah agan dan aganwati buat.

6. Gunakan password perlindungan pada screensaver

Kadang-kadang berada jauh dari meja untuk lebih lama dari yang tak terduga. Buat sesuatu untuk membuat komputer agan dan aganwati sehingga terkunci sendiri setelah jumlah waktu tertentu. dengan cara

Untuk Windows Xp
  • klik kanan pada layar desktop yang kosong
  • kemudian klik Properties,
  • kemudian klik tab Sreen Saver
  • Pilih salah satu screen saver yang anda inginkan
  • Klik Waktu (pada text box pilihan Wite) untuk waktu tampilnya Screen seaver
  • Centrang kotak “On resume, password protect“
  • kemudian klik “Apply” lalu “Ok“

Untuk Windows Vista
  • Klik kanan ruang kosong pada desktop Anda.
  • Klik Personalize, dan kemudian klik bagian Screen Saver.
  • Tunggu perubahan waktu untuk 10 menit atau kurang.
  • Pilih “On resume, password protec“.
  • Klik Apply dan Ok.

Untuk Windows 7
  • Klik kanan ruang kosong pada desktop Anda
  • Klik Personalize, Kemudian klik bagian Screen Saver.
  • Klik Waktu (pada text box pilihan Wite) untuk waktu tampilnya Screen seaver.
  • Pilih “On resume, display logon screen“.
  • Klik Apply lalu klik Ok.
maka pada waktu yang telah di tentukan screen seaver akan muncul untuk menutupi layar kerja, dan bila tombol keyboard atau mouse di sentuh maka komputer akan meminta pasword anda. Hanya agan dan aganwati yang tahu password yang dapat membukanya kembali.


7. Mengenkripsi file yang berisi rahasia atau bisnis penting file

Jika agan dan aganwati menyimpan data yang berharga dan sensitif pada computer yang mungkin memiliki informasi sensitif tentang perusahaan atau klien, atau pernyataan bank pribadi pada laptop agan dan aganwati yang gunakan di rumah dan di kantor. Enkripsi data agan dan aganwati agar tetap aman. Untuk membantu menjaga orang yang tidak berhak mengakses data-bahkan jika komputer agan dan aganwati hilang atau dicuri-Anda harus mengenkripsi semua data yang sensitif. Dalam edisi Enterprise dan Windows Vista Ultimate, agan dan aganwati dapat menggunakan BitLocker ™ Drive Encryption untuk mengenkripsi seluruh volume. Pada Windows XP dan semua edisi Windows Vista, agan dan aganwati dapat menggunakan Encrypting File System (EFS) untuk melindungi file penting.


8. Jangan membuka e-mail yang diragukan

Jika agan dan aganwati mendapat pesan e-mail yang meragukan atau yang tidak agan dan aganwati kenal. serahkan pesan e-mail ke IT administrator agan dan aganwati untuk memverifikasi e-mail tersebut sebelum agan dan aganwati membukanya.


9. Mengenkripsi e-mail jika diperlukan

Jika agan dan aganwati mengirim rahasia atau informasi bisnis penting, agan dan aganwati harus mengenkripsi e-mail dan file apapun yang ikut padanya. Hanya penerima yang memiliki kunci pribadi yang sesuai dengan kunci publik yang digunakan untuk mengenkripsi pesan dapat membacanya.


10. Gunakan Junk E-mail Filter di Outlook

Menerima pesan spam, atau junk e-mail, tidak hanya mengganggu. Beberapa spam dapat mencakup virus berpotensi berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan pada komputer agan dan aganwati dan jaringan perusahaan. The Junk E-mail Filter mengurangi jumlah junk e-mail, atau spam, yang diterima dalam Kotak Masuk. Kabar baik-jika junk mail filter sudah aktif, agan dan aganwati selalu dapat mengubah pengaturan.



12 komentar: